Wednesday, October 17, 2012

Komunitas Microsoft Excel


XL-mania adalah komunitas Microsoft Excel terbesar di yahoogroups. Komunitas ini didirikan pada tanggal 8 Mei 2005, dan memiliki lebih dari 12,000 member pada bulan September 2009. Jumlah member yang cukup besar ini menjadikan XL-mania sebagai tempat belajar Excel dan tempat belajar VBA gratis yang sangat populer di internet.


Komunitas XL-mania didominasi dengan member dan kontributor dari Indonesia, XL-mania menjadi tempat belajar Excel gratis yang paling diminati di Indonesia dan individu-individu yang menggunakan bahasa Indonesia / Melayu. Walaupun demikian, banyak juga pertanyaan ke XL-mania yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa lain. XL-mania bukan berisi member yang hanya ingin belajar Excel saja, untuk pengguna Microsoft Excel yang merasa sudah sangat mengerti belajar Excel luar dalam, ada challenge XL-mania!

Di XL-mania, materi yang dipelajari sangat luas, dari fungsi-fungsi dasar seperti IF, VLOOKUP, SUM, AVERAGE, fungsi-fungsi statistik seperti MEDIAN, MODE, sampai fungsi-fungsi finansial seperti IRR, NPV. Selain itu, di XL-mania juga dibahas mengenai bagaimana membuat Megaformula dan Array-array canggih. Perbedaannya dengan yang dibahas di buku-buku Excel lokal dan forum-forum lokal lain adalah kemampuan member XL-mania untuk merangkai rumus-rumus dengan logika yang kompleks.

Selain fungsi, di XL-mania member juga belajar menggunakan fitur-fitur Excel seperti conditional formatting, filter, pivot table, chart, solver, goal seek, data consolidation, dan lain-lain. Yang dibahas di XL-mania bukan hanya bagaimana cara mengaplikasikan fitur-fitur ini pada pekerjaan saja, tetapi lebih dari itu. Misalnya, bagaimana membuat chart yang tidak ada pada menu Excel, suatu hal yang dianggap tidak mungkin oleh pengguna Excel level pemula. Selain itu, di XL-mania juga member saling membantu dalam membuat add ins dan program-program yang berbasiskan pada VBA [macro] dan programing excel.

Untuk bergabung dengan komunitas XL-mania, dapat dilakukan dengan cara:
- Melalui e-mail: Kirimkan email kosong ke XL-mania-subscribe@yahoogroups.com, kemudian reply e-mail konfirmasinya.

1 comment:

  1. you can check this link to learn about any tutorial with excel. This is nice web http://www.iyanzone.com/2015/08/aplikasi-excel-menyusun-jadwal-produksi.html

    ReplyDelete